My Morning is My Journey

Bangun! Bangun… Bangunlah sodarakku, terlalu berharga jika pagi harus terlewati begitu saja. Pagi terlalu berarti jika harus dilewati dengan tertidur, Bangunlah segera dapatkan kebaikan diawal waktu untuk hari ini.

Tidak terkecuali hari ahad, sebagian besar dari kita mungkin masih merasakan kemalasan ketika harus bangun dipagi hari. Di hari-hari biasa saja, untuk memulai rutinitas bekerja, sekolah, kuliah, atau melakukan aktivitas lainnya kita masih saja diselimuti rasa malas untuk memulai pagi. Tentu hal ini sangatlah merugi, terlalu berharga jika pagi dilewati begitu saja. Banyak hal yang bisa kita dapatkan, kita bagikan dengan memulai hari menjadi lebih indah. Kamu tahu? Berapa kebaikan yang bisa kita mulai saat kita membuka mata? Sadar atau tidak, pagi yang baik dan indah dapat menentukkan kebaikan dan keindahan pada hari tersebut. Karena pagi adalah permulaan kita mengawali hari melewati jam jam berikutnya.



Dalam islam kami bisa mendapatkan kebaikan bahkan lebih baik dari bumi dan seisinya. Mau tahu apakah itu? Sholat sunnah sebelum shubuh! . “ Dua rakaat fajar (Shalat sunnah qobliyah shubuh) lebih baik dari dunia dan seisinya.” ~ HR. Muslim.
Lalu apa jelasnya yang harus kita mulai dipagi hari agar hari kita menjadi lebih indah dan mendapat kebaikan?

1.       Saat membuka mata mulailah dengan penuh rasa syukur
Berapa banyak orang diluar sana yang tidak dapat merasakan tidur pulas? Tidak merasakan kehangatan dimalam hari? Tidak merasakan ketenangan karena peperangan meneror pagi?

Bagaimana dengan pagimu? Yang masih merasakan lega saat bernafas, yang masih merasakan bugar setelah tidur pulas? Masih merasakan ketenangan tanpa terror tembakkan seperti negeri yang sedang berperang disana? Pantaskah kita mengerutkan dahi dan mengeluh saat membuka mata? Apalagi yang bisa kamu dustakan dari nikmat yang telah diberi oleh-Nya? Syukuri!

Bahkan dalam doa bangun tidur, kita diajurkan membaca doa yang diawali dengan ucapan “Alhamdulillah” (Segala puji bagi Allah), yang artinya kita patut dan seharunya mensyukuri semua ini.

2.       Buatlah proyeksi wajah senyuman dengan perasaan yang senang
Salah satu wujud syukur yang paling mudah adalah dengan ketelusan kita tersenyum, bayangkan saja betapa indahnya permulaan hari dipagi hari yang kita awal dengan senyuman. Tidak akan sulit untuk menggerakan mulut kita menjadi tersenyum. Hanya butuh waktu bahkan 1 detik kita sudah dapat tersenyum, bukankah itu permulaan yang baik.

 3.       Lakukan kegiatan pagi hari dengan menggembirakan diri
Lanjutkan untuk menjemput kebaikkan dunia dan seisinya, lakukan ibadah dipagi hari sebagai kewajiban kita yang dapat menolong diri kita sendiri. Lakukan dengan gembira, walau mata terkadang masih ingin melawan. Bangunkan saja dengan sadar dan buat menjadi rasa gembira. Sungguh nikmat yang luar biasa ketika kita diberi kemudahan dalam menjalankan kewajiban. Bergembiralah wahai sodaraku.

4.       Berikan aura positif kepada orang sekitar
Tebarkan senyuman dan sapaan ringan ketika pertama bertemu dengan orang sekita kita, baik didalam rumah ataupun perjalanan menuju tempat ibadah dengan Jemaah lainnya. Berikan aura positif yang dapat saling memberikan efek positif kepada kita. Mendapat kebaikan sekaligus kita dapat memberikan kebahgiaan. Tentu ini adalah permulaan yang baik. Tengok istri/suamimu ketika bangun, tengok anak anakmu, sapalah mereka berikan aura positifnya.

5.       Nikmati apa yang akan kamu lakukan untuk hari ini
Enjoy the journey… Nikmati apa yang kamu lakukan, nikmati petualangannya. Permulaan pagi sudah baik dengan hal-hal yang sudah kamu lakukan, lalu tidak ada alasan jika yang kamu lakukan tidak kamu nikmati. Tidak ada yang sulit, karena itu bagian dari perjalanan kamu. Dari mulai antri mandi, cari sarapan atau sekedar setrika seragam yang akan kamu pakai dihari itu. Nikmati saja karena itu bagian dari pagi mu, bagian dari hari mu yang akan menjadi istimewa.

Lakukan saat kamu mulai membuka mati, permulaan yang baik akan berdampak pada kebaikan selanjutnya. Jadi tunggu apalagi…. Semoga tulisan ini dapat menginspirasi harimu.

Sekian.
Reactions

Posting Komentar

0 Komentar