CARA MENGATASI LAPTOP/KOMPUTER LEMOT


Cara mengatasi Laptop/Komputer Lemot adalah sebagai berikut :

1.       Restart PC
Kenapa di restart? Karena biasaya secara tidak sadar perangkat kita ini bekerja dilaur kapasitasnya, seperti membuka banyak aplikasi secara bersamaan atau melakukan perintah secara cepat. Seberapa baik spesifikasinya jika perangkat kita dipaksa bekerja dan mengerjakan diluar kapasitasnya maka tentu akan mempengaruhi kinerja perangkat tersebut;

 2.       Scan dengan antivirus
Bisa jadi kondisi perangkat sedang dalam keadaan tidak sahat karena terinsfeksi oleh virus. Dari mana virus berasal? Secara tidak sadar kita sering memasukkan atau menggunakan usb penyimpanan seperti flashdisk, memorycard, atau transfer data dengan usb smartphone, bahkan dari file yang pernah kitadownload bisa menjadi jembatan masuknya virus dari internet. Nah Kalo udah gitu, kemungkinan bisa menyebabkan kinerja perangkat km jadi tidak stabil.

3.       Lakukan clean up pada data
Melakukan clean up atau pembersihan file yang sudah menjadi sampah ataupun eror merupakan salah satu penyebab lambatnya kinerja perangkat kita. Apa yang di clean up? Biasanya seringkali bagi yang sudah mengetahui cara ini, melakukan pembersihan pada sector data C yang merupakan tempat penyimpanan sistem. File yang dihapus bisa berupa temporary file, bugs eror, history web/cache, bahkan sisa sisa file dari software yang pernah kita pakai/sampah dari games yang ada diperangkat kita memiliki pengaruh yang cukup besar. Semakin besar total file yang ada dalam kategori junk pada clean up ini semakin membuat perangkat kita menjadi tidak sehat. Bagaimana caranya?
Khusus Windows 7 :
Klik start > pilih accessoris > system tools > clean up > lalu ikuti petunjuknya, dan tunggu hingga eksekusi selesai.

 4.       Uninstal software yang tidak perlu
Terutama bagi perempuan yang biasanya malas untuk memeriksa perangkat yang dimilikinya, sambil mendownload film korea dan tokoh didalamnya atau file2 diluar sana bisa jadi secara tidak sengaja disaat yang bersamaan kita mendownload software yang tidak penting dan melakukan autoinstal. Seperti software downloader, cleaner, atau bahkan software yang gak jelas fungsinya bahkan saya sendiri gak ngerti cara makenya tau-tau udah muncul aja.

5.       Lakukan disk defragment
Penataan letak yang dipakai atau tersisa pada harddisk kita menjadi salah satu hal yang seharusnya rutin dilakukan. Menataletak file yang berserakan pada harddisk, yang tersimpan dan terhapus begitu saja umumnya membuat ruangan pada harddisk tidak tertata dan tersusun dengan baik. Caranya bagaimana?
Klik kanan pada disk (c atau d atau e) > lalu akan keluar pilihan, dan pilih property > setelah muncul dialog baru yang berisi informasi disk dan tab lainnya, pilih tab “tool” > nah setelah tampil tabnya, disanan ada 3 pilihan (eror checking, defragmention, & back up) > pastinya kita pilih “defragmention” dan klik tombolnya > muncul dialog baru dan ikuti petunjuknya , pilih part disk yang akan di defrag, klik anayze lalu defrag > tunggu hingga eksekusi selesai.

Nah sekian tips dari gue semoga membantu kalian yang sedang dalam kesulitan hehe… salam….


Reactions

Posting Komentar

2 Komentar

  1. Mantap sharingnya kak rais, tapi nomor empat mendeskriditkan kaum perempuan wkwkwk

    BalasHapus

Silahkan berkomentar dengan relevan :) Blogwalking with sharing...

Emoji
(y)
:)
:(
hihi
:-)
:D
=D
:-d
;(
;-(
@-)
:P
:o
:>)
(o)
:p
(p)
:-s
(m)
8-)
:-t
:-b
b-(
:-#
=p~
x-)
(k)