Pengusaha Deadwood


Jadi ceritanya istilah itu saya dapat setelah saya beserta rekan2 senior konsultan membahas tentang kondisi perusahaan klien. Berkaitan dengan Sumber Daya Manusia, karyawan yang dimiliki perusahaan tersebut ada yang mengalami deadwood. Sebetulnya agak kurang fokus saya ikut mendengarkan diskusi kecil didalam Panther si Mobil Klasik Ajaib 😬.

Namun istilah Deadwood ini membuat saya semakin penasaran untuk tau arti sebenarnya. Deadwood itu berasal dari perumpamaan kayu atau ranting yang sudah lapuk karena tumbang atau patah, tentu sudah tidak bisa berguna lagi.

Sempat saya berseluncur didunia maya, mencari arti kata deadwood tersebut (anda bisa nyusul saya berseluncur untuk tau arti luasnya).

Kemudia, beberapa saat saya berfikir jika ini berkaitan atau dikaitkan dengan adanya bug dalam suatu bisnis, kemungkinan itulah arti deadwood yang coba saya kaitkan dengan pengusaha atau bisnis.

Suatu usaha tentu penting jika harus mengoptimalkan Man atau SDM, karena itulah salah satu dan yang paling nomer satu untuk membangun suatu usaha. Suatu bisnis atau usaha yang memiliki potensi SDM deadwood, pastinya akan sangat mengkhawatirkan.

Bayangkan saja jika sistem yang sudah dibangun, hancur begitu saja karena berbagai faktor yang menyebabkan pelaku usaha menjadi deadwood (tidak mau berkembang bahkan terjatuh seperti ranting yang akan lapuk diatas tanah). Mereka yang memiliki potensi dan kompetensi optimal perlu disesuaikan dengan kondisi yang tepat.

Nah istilah deadwood ini yang sangat membuat saya pribadi merasa khawatir pada diri saya dan mungkin karyawan saya nantinya. Tidak adanya alasan khusus membangun suatu organisasi atau bisnis, dan bahkan merasa usaha yang dijalani hanyalah seadanya flat, tidak ada orientasi yang menunjang untuk mengembangkan usaha.

Sadar atau tidak, prilaku tersebut akan mendorong seseorang yang tidak punya alasan khusus atau tujuan dalam berwirausaha menjadi masuk dalam golongan deadwood.

Mungkin sekiranya dapat lebih bersinergi, belajar dan menyadarkan diri tentang alasan apa yang membuat kita harus bekerja atau berwirausaha. Tentu hal tersebut akan lebih membuat kita menjadi produktif, inovatif, berkembang dan mau terus belajar.

Kiranya tulisan saya ini, terdapat hal yang perlu dikonfirmasi saya akan sangat terbuka. Dan kiranya tulisan ini bermanfaat dan membuka cakrawala baru untuk semua doa saya smoga menjadi barokah dan berguna.

Semangat wirausaha berorientasi pada keberhasilan kinerja agar kita menjadi kuat seperti kayu yang menopang rumah keluarga, seperti Pelaku Usaha yang berkontribusi menopang ekonomi bangsa.

Sekian dari saya.. Terima kasih...

 😅😇🙏

#coretankangrais
#belajarlagi
#ngerjainkerjaanS1
#nulisbiareksis
#asalshare
#thxboss
Reactions

Posting Komentar

0 Komentar