NILA SEEKOR SUSU SEGELAS


Dari judulnya aja udah bikin gue laper, haha…

Nila seekor susu segelas? Berapa duit tuh kalo lu beli dirumah makan sebrang, yang dipinggiran jalan deket lampu merah? Paling… gak lebih dari 30 rb kali yah… hehehe.. oh iyah by the way (cieeelah..) Ni kemarau kayaknya udah mulai ada dipenghujung musim. Artinya musim hujan bakalan kembali nongol buat ngisi kebun yang kering, sawah yang gersang, ataupun teras rumah yang udah lama gak kebanjiran tetesan air hujan yang nyiprat dari genteng tetangga depan rumah dan tentu untuk hati yang sudah kering dan akan segera dibanjiri kenangan. Kolam ikan udah mulai pasang lagi, yang jelas penuhnya bukan dari air susu tapi yah. 

Sebenernya itu judul gue ambil dari pribahasa lawas yang berbunyi, “Nila setitik rusak susu sebelanga”. Kebayang dong artinya begimana? Yah kalo boleh gue simpulin sih artinya gegera hal kecil/masalah kecil, bisa berdampak kesemuanya. Ah memang benar kata seorang pujangga “semua persoalan yang ada didunia ini, itu karena cinta”.

Lu pernah denger legenda atau cerita dari peperangan kerajaan majapahit yang mau menguasai nusantara? Dan dari salah satu versi yang menyebutkan kalo kerajaan sunda itu belum terkalahkan? Mungkin itu pribahasa bisa kita pakai dikala hubungan 2 insan manusia yang berbeda suku dari kerajaan tersebut. Semenjak legenda itu gak sedikit orang yang bisa langgeng dan direstui sama sesepuhnya untuk menjalin hubungan yang berbeda kerajaan itu. (mungkin bagi yang masih mempertahankan pepatah lamanya, masih tetap memegang kuat wasiat itu).

Nila seekor susu segelas… demen banget dah gue kalo denger itu kalimat, makanya sampe gue jadiin judul hahaha. Sekarang gini dah, itu nila mau lu goreng apa di pepes? Terus itu susu mau yang murni atau pake cokelat? Biar gue buatin nih… hahaha pasti nanti si ikan bilang gini “ ko cuman gue aja yang dimasak, temen-temen gue kagak sih?, terus itu susu meres dari sapi yang mana? Awas yah nanti gue bilangin anaknya loh..”.

Balik lagi sama itu persoalan, yang  memang akar berakarnya terjadi karena soal cinta. Basi sih asli, pengen mual deh kalo bahas cinta.. kayaknya udah bejibun deh tulisan tulisan yang bahas soal itu. Yaudah gue skip aja. Coba kita alihkan kepada pengaruh kinerja dan produktivitas karyawan dalam perusahaan.

 
Dalam suatu perusahaan tentu didalamnya terdapat para karyawan yang memiliki tanggung jawab dan beban pekerjaan yang berbeda-beda. Yang harus kamu tau adalah ini berkaitan tentang betapa pentingnya analisa jabatan atau yang biasa kita dengar adalah job deskripsi. Seorang sales lapangan memang pekerjaannya tidak seberapa popular disbanding seorang manajer atau supervisor. Tapi kalo kita lihat lebih dalam lagi.. siapa yang pertama kali berhadapan dengan calon konsumen, jelaslah seorang sales. Bahkan kualitas suatu perusahaan atau produk bisa dilihat dari bagaiamana pemasaran perusahaan melalui karyawan pemasaran seperti sales. Mereka yang berhadapan pertama kali dengan calon konsumen, otomatis mereka lah yang harus memberikan citra terbaik perusahaan kepada konsumen. Atau yang lainnya mungkin seperti karyawan yang bekerja dibagian front office seperti, satpam, resepsionis, atau bahkan customer service. Kebayang dong betapa pentingnya suatu pelayanan prima terhadap calon konsumen apalagi pelanggan.

Pesan yang bisa ditarik adalah pada saat jam makan siang kasih dah tuh para karyawan front office untuk menyantap nila seekor susu segelas. Hahaha bukan itu maksudnya.

Kesalahan kecil yang mereka buat atau tak sengaja dilakukan tentu bisa berdampak besar bagi kualitas perusahaan. Mereka bisa jadi adalah ujung tombak penyampai visi dan misi perusahaan kepada calon konsumen, penyampai citra dan maksud perusahaan dalam menjual produk atau jasanya. Overall mereka adalah bagian dari aset perusahaan. Terlepas dari itu, karyawan internal yang mengurusi bagian dalam perusahaan yang memang tidak berhadapan langsung dengan calon konsumen bisa jadi merekapun akan melakukan suatu hal yang berdampak besar pada perusahaan. Apapun bisa terjadi dong….


Jadi sebelum nila itu rusak alangkah baiknya kita goreng atau pepes, eh hahaha… maksud si pribahasa sih itu bukan ikan yah hahahaha… oke deh sekian dari gue.. chit chat ajalah di komentar apa yang kalian tanggapin dari tulisan gue ini.. semoga bermanfaat yah….

#coretankangrais
Reactions

Posting Komentar

0 Komentar