Cara Mengenal Passion Diri Sendiri

"Ah ini mah gak sesuai passion ku, rasanya pengen berenti aja kerja disini". "Gak bisa aku bisa, itu bukan passion ku, kamu aja ya". "Gpp deh walau hasilnya dikit, yang penting tetep bekerja sesuai passion".

Calibrate360


Mungkin kamu menjadi salah satu orang yang sempat mengeluarkan ungkapan diatas keluar dari mulutmu. Bahkan ada beberap hal lain yang kamu unggulkan atas passion yang kamu merasa sudah kamu termukan. Namun tak sedikit juga beberapa orang yang belum mengenal passion diri sendiri, apa keahliannya dalam bekerja, apa yang disukainya untuk bisa berkarya. Sudahkah bisa mengenali passion diri sendiri ?

Cara mengenal passion diri sendiri tentu tidak sama seperti halnya kita mengenal orang yang akan kita jadikan pacar. Apalagi kalo kamu ditolak terus sama gebetan.

Sebelum lebih jauh, baiknya kita kenali dulu apa arti dari kata passion itu sendiri. Passion diambil dari kata yang berasal dari Bahasa Inggris, yang memiliki arti dalam Bahasa Indonesia yaitu Gairah.

Mulai dari Mana

Ketika passion sudah dirasa bisa kita kenali dan yakin sudah ada dalam diri kita, semua terwujud dari apa yang bisa kita hasilkan. Dalam hal ini bukan hasil finansial ya.

Untuk memulai mengenali Passion dalam diri kita, biasanya kita akan memulai dengan berbagai hal atau kegiatan yang kita senangi. Semisal berangkat dari Hobi, Pekerjaan, Prestasi, Karya-Karya dan lain sebagainya yang menjadikan kegiatan kita bisa menghasilkan sesuatu.

Ketika kita merasakan ada gairah untuk melakukan kegiatan tersebut, itu berarti kamu sudah bisa mulai mengenali passion kamu ada disitu.

Semisal tentang Hobi, banyak orang yang lebih senang menghabiskan waktunya untuk melakukan hobinya. Dia tidak memikirkan dan memberikan fokusnya pada hal lain, selain bisa melakukan hobinya secara tuntas. Bahkan bagi mereka yang beruntung dan berjuang, bisa menjadikan hobi itu sebagai sumber penghasilan untuk membiayai hidupnya.

Perihal bidang pekerjaan, ada beberapa alasan yang mendasari orang betah menghabiskan separuh usianya untuk bekerja di bidang yang sama. Bisa jadi selain alasan pengabdian ataupun karena merasa tidak percaya diri untuk melakukan hal lain. Passion orang tersebut memang ada dalam bidang pekerjaan itu. Lihat saja Dosen dan Guru-guru kita yang rela memprioritaskan waktunya untuk mengajar, bahkan tidak lagi memikirkan soal bayaran. Bisa jadi memang gairahnya dalam hidup ada pada kegiatan mengajar. Itulah passion dalam diri.

Aku tidak bisa apa-apa

Mungkin kamu hanya belum percaya pada keahlian dan kemampuan yang kamu miliki, bukan kamu tak bisa apa-apa. Setiap kesukaan atau gairah yang hadir ketika kita melakukan suatu kegiatan positif tentu itu bisa menjadi awalan potensi kamu ada disana. Potensi akan kemampuan yang bisa kamu andalkan untuk melakukan itu ada disana.

Tinggal kamu pilah saja, mana kegiatan yang senang kamu lakukan dan bisa kamu pelajari dengan mudah ketika melakukan itu. Percayalah kamu sudah akan bisa mengenal passion dalam diri kamu.

Semoga bermanfaat.
Reactions

Posting Komentar

0 Komentar