MAKNA DIBALIK KATA ‘SIAP-SIAP


 Beberapa hal terjadi bukan karena kebetulan saja, atau memang pada dasarnya tidak ada yang kebetulan. Sudah terjadi karena izin yang maha kuasa, daun terjatuhpun sudah ada perhitungannya. Begitupun hal-hal yang terjadi pada kehidupan kita, pengharapan-pengharapan yang dinanti oleh kita, hasil-hasil dari buah usaha yang sudah kita lakukan.

Para pelari akan diberikan peringatan terlebih dahulu untuk mereka agar bisa memulai laju larinya, dikutip dari Wikipedia aba-aba yang diberikan saat lari akan dimulai sebagai berikut :

Pertama adalah bersedia, saat aba-aba ini para peserta lari mempersiapkan diri di belakang garis start.[1]Kemudian siap, di sini peserta memusatkan seluruh perhatiannya untuk bersiap berlari.[1]Setelah itu yang terakhir adalah ya, peserta memulai lari dalam waktu yang sama sesaat setelah aba-aba terakhir ini dibunyikan.




#
Pada dasarnya kita memang menginginkan kehidupan yang sejahterah layak dan sesuai dengan kondisi yang kita harapkan. Kita sudah bersedia akan hal itu, yang jadi pertanyaan apakah kita sudah siap-siap? Apakah kita sudah merubah posisi kita menjadi siap?

Apapun pencapaiannya yang sedang dinikmati oleh kalangan orang sukses, tentulah itu adalah buah dari usaha yang sudah disiapkan sebelumnya. Banyak artikel, motivasi, quotes, ataupun seminar-seminar tentang kesuksesan yang mereka capai. Banyak media yang membungkus cerita sukses mereka hingga mereka bisa membagikannya kepada kita semua.


Dibalik itu ternyata ada makna yang tersimpan secara jelas, yaitu bersiap…. Artinya semua akan dating ketika kita sudah siap. Pesan itulah yang beberapa kali disampaikan oleh atasan tempat saya bekerja. Karena memang ujung tombak dari pemasukkan perusahaan tempat saya bekerja adalah mendapat project dari klien yang sesuai dengan bidang kami sebut saja HR & Organization Development.

Persiapan kami selain belajar adalah juga mempersiapkan segala logistic dan perlengkapan fisik penunjang jalannya project tersebut. Dan itu benar terjadi, seperti halnya kita belajar disekolah, kita dipersiapkan agar bisa menhadapi ujian, atau bahkan kuis dadakan sekalipun. Apakah nilai atau hasil baik didapatkan dengan mudah begitu saja tanpa belajar? Tentu tidak, jika kita selalu bersiap menghadapi ujian tak terduga yang diberikan oleh dosen, sekalipun itu kuis dadakan, saya pastikan bahwa soal yang diberikan adalah materi yang sudah disampaikan.

SIAP-SIAP adalah kuncinya.

Artikel inipun akan menjadi rujukan saya dalam membuat dan menceritakan pencapaian hasil dan kondisi yang terjadi saat ini, atas dasar kesiapan.

Sekali lagi, sesuatu akan dating ketika kita sudah siap… maka, bersiaplah….

Sekian…

Reactions

Posting Komentar

0 Komentar