3 Hal ini yang bisa membentuk Karakter mu

Setiap orang itu memiliki karakter nya masing-masing, tak jarang karakter ini justru yang bisa mengantarkan seseorang menuju keberhasilannya di masa depan. Pada dasarnya kebiasaan seseorang yang dilakukan secara terus menerus dengan adanya pemahaman dan kesadaran ketika melakukan, maka itu dapat membentuk karakter seseorang.

Oke brother and sister, kabar baiklah ya?, saya tuh bingung mau pake bahasa baku atau pake bahasa santai. Mengalir ajalah yakan.... 

Pendidikan Karakter


3 Hal yang membentuk karakter seseorang yang mungkin merupakan bagian dari beberapa hal yang mempengaruhi pembentukkan karakter. Secara KBBI pengertian karakter sendiri adalah

karakter n 1 tabiat; sifat-sifat kejiwaan, akhlak atau budi pekerti yang membedakan seseorang dengan yang lain; watak; 2 Komphuruf, angka, ruang, simbol khusus yang dapat dimunculkan pada layar dengan papan ketik berkarakter vmempunyai tabiat; mempunyai kepribadian; berwatak: anak itu ~ aneh.


Lingkungan Sekolah dan Pendidikan

Memang seringkali kebiasaan yang baik selalu diterapkan dalam lingkup sekolah dan pendidikan, baik formal maupun tidak. Seperti halnya jam masuk siswa siswi, jadwal piket kebersihan,  pnugasan mata pelajaran, etika belajar dan lain sebagainya.

Namun, tidak menutup kemungkinan adanya singgungan dari kebiasaan yang dibawa dari lingkup pertemanan dan media sosial maupun keluarga.

Terkadang banyak sekali yang berharap besar bahwa sekolah dapat menjadi lingkungan yang mendominasi karakter seseorang, justru orang tua terlalu tutup mata untuk berharap banyak terhadap peran sekolah. Padahal jam sekolah saja tidak semuanya diterapkan fokus untuk pengembangan karakter.

Lingkungan Pertemanan dan Media Sosial

Siapa sangka di zaman seperti ini media sosial mampu mempengaruhi pembentukan karakter seseorang, padahal tingkat komunikasi secara langsungnya terbilang jarang. Selain itu lingkup pertemanan yang ada disekitar pun bisa menjadi wadah terbentuknya karakter.

Lihatlah fenomena saat ini, dimana setiap waktu bermain didominasi oleh gawai atau gadget yang selalu terhubung dengan games dan media sosial. Walaupun sudah ada bermunculan platform belajar melalui media gawai.

Bagaimana jika hal itu menjadi kebiasaan bertahun-tahun dari mulai usia dini hingga remaja, bagaimana nanti ketika dewasa, orang tersebut mulai dihadapkan banyak kenyataan dan persoalan hidup.

Keluarga dan Persaudaraan

Yang pertama dan utama adalah berawal dari lingkungan keluarga. Sejak lahir kiita disapa oleh keluarga dikenalkan dengan dunia dan tentunya setiap aspek hidup yang mendasar ditanam oleh keluarga.  Walaupun seringkali masih ada orang yang belum beruntung, lahir tanpa keluarga.

Namun, ikat persaudaraan juga merupakan bagian dari lingkungan keluarga, walaupun tak harus sedarah. Lingkungan keluarga sejak dini pasti mengenalkan dan mengarjakan seseorang melakukan pembiasaan dalam menjalani aktivitas. Baik siang maupun malam, terang atau gelap, hujan atau kemarau, sepi atau ramai, miskin atau kaya, dan lain hal sebagainya.

Karakter kerap kali menjadi bahan atau bagian dari salah satu penentu keberhasilan seseorang di masa yang akan datang.

Pada masanya kitapun diharuskan untuk bisa mengenal karakter pribadi dan mampu melakukan pembiasaan diri dalam hal kebaikan.
Reactions

Posting Komentar

0 Komentar