Terbit Buku Kapan?, 10 Alasan menulis buku itu sulit selesai


Hallo semua? Kabar baik?. Jadi ceritanya beberapa bulan terakhir ini gue memang merencakan untuk bisa membuat buku. Genrenya sih lebih ke self improvement gitu, dan untungnya gue udah bisa mulai buat walaupun masih sekitar 50%. Terbit buku nya sih rencana awal tahun, ya mudah-mudahan sih ini bener-bener bakal bisa naik cetak yah.



Sebenernya rencana buat buku ini bukan yang pertama kali buat gue, tapi gue emang seringnya mentok sebatas judul dan kerangka aja. Paling jauh sampe pengantar atau beberapa sub bahasan doang. Ada sekitar 5 judul yang udah gue mulai tapi gak pernah gue selesaikan. Payah sih yah.. huhhh.




Nah, akhirnya gue menyimpulkan bahwa bikin buku itu sebenernya gak sulit, ya secara yang terakhir ini gue ngerasa pd banget bakal bisa terbit. Terus yang sebelum-belumnya kenapa belum bisa sampe selesai? . Itu emang ada aja sih alesannya, oke bakal gue uraikan menjadi 10 alasan menulis buku itu sulit selesai. Check this on bellow yesss… hehe

1. Gak buat outline

Ada yang bilang kalo mau buat buku harus buat dulu outlinenya, batasan pembahasannya, ya walaupun itu jadi batasin ide kamu. Tapi emang betul sih, gue sendiri setuju dengan konsep outline ini, kalo gak dibuat outline bisa bahas kemana-mana. Gak kelar-kelar nanti bukunya.

Ini mungkin jadi salah satu alasan pertama kenapa nulis buku sulit selesai. Ya kadang jangankan bisa nulis sesuai outline, bikin outline nya aja udah mentok mau dibawa kemana bahasan buku ini hehehe.

2. Belum PD sama ide gagasan.


Kadang ide buat bikin buku itu, hanya berenti sebatas di kepala aja, jarang banget yang bisa bener-bener utuh dituangkan dalam buku. Ya gak dikit juga sih yang berhasil.

“Belum PD nih, ide kayak ginian kalo dibikin buku laku gak yah…” hmmm.

Padahal bikin aja belum, ujung-ujungnya ya sampe sebatas ide aja, belum lagi kalo itu ide nya harus di uji dulu. Wah lama deh selesainya, padahalkan sambil jalan bisa. Mulai aja dulu.

3. Bingung nentuin judul, mulai aja belum


Tumpahin aja dulu apa yang mau ditulis, judul belakangan. Eh jangan salah, ada juga loh orang yang harus bikin judul dulu baru bisa uraikan isinya.

Ya semua kembali lagi ke cara masing-masing sih, cuman nih yah kalo mikirin judul terus malah bakal banyak masuk pilihan baru dan bahkan banyak. Baiknya sih ditulis dulu, biasanya kalo udah dapat 1 essay aja, tuh judul bakal gampang ditemuin, yang penting kamu punya kata kuncinya. Apa yang mau dibahas bisa dicerminkan dalam kata kunci yang diambil. Tinggal kombinasikan deh jadi judul. Hehe.

4. Masalah klasik, manajemen waktu

Soal manajemen waktu memang masing-masing orang suka beda beda, tapi biasanya untuk penulis pemula kayak gue ini menulis itu masih kayak bukan prioritas. Akhirnya ya urusan konsistensi dalam menulis pun masih diragukan.

Apalagi kalo bicara terbit buku dalam konteks bisnis, duh… bisa terbit buku itu belum pasti kejualnya.

5. Alesan nyari posisi nyaman buat nulis

Gak heran deh kalo kebanyakan penulis yang gue liat apalagi suka nongol di film-film gitu, mereka para penulis rata-rata ngerjain tulisannya di café, kedai, alam terbuka lah.. jarang bet dah yang ngerjainnya di rumah.

Kan lumayan pake ongkos sama bekel.

6. Inspirasi hilang, takut keluar jalur

Beuh, gegara gak punya lokasi nyaman nih. Bawa-bawa dah tuh urusan inspirasi. Nulis dikamar udah kayak zoombie, inspirasi mentok. Malah kadang nemu ide baru, eh malah jadi keluar outline.

7. Mulai deh ke ganggu sama ide baru

Nah, kalo udah nemu ide baru biasanya suka pengen bikin buku baru. Buku yang kemarin aja belum selesai.

8. Galau dan bosen

Jenuh galau bosen, makanan wajib kalo mentok pas lagi nulis. Kayaknya pengen traveling dulu aja gitu kemanaa… tapi pas udah traveling pun tetep aja gak produktif nulis.

Gue sendiri malah senengnya untuk bisa keluar dari rasa bosen yan dengan diskusi, baru deh bisa nulis lagi.

9. Cape pengen buru-buru kelar

Pengan cepet kelar, laris bukunya, masuk toko dimana-mana, kaya.

10. Bingung nentuin penerbit

Belum selesai aja udah bingung penerbit mana yang cocok. Padahal lolos aja belum tentu, kalo indie sih biasanya asal punya duit ama linked gitu. Bisa terpercaya sama nego harga ehehe.

Reactions

Posting Komentar

0 Komentar