Penulis pemula?, Tergantung tujuan sih


Penulis, siapa sih dia? Apa sih pekerjaannya?. Dari kecilkan kita udah diajarin nulis, tapi kenapa pas udah segede ini panggilan seorang penulis seringnya gue denger dalam konteks profesi aja. Eh gak juga apa yah…

Profesi penulis juga memang biasanya linear kesuksesannya dengan popularitas baik secara dunia hiburan nasional maupun kalangan tertentu yang memang bergerak dibidang kepenulisan khusus. Seperti misalnya kalangan para penulis di komunitas blogger, komedi, cerita fiksi, naskah film dan lain sebagainya yang ternyata punya pasarnya masing masing.



Nah itu kalo kita bicara soal aspek popularitas penulis dengan hasil akhir salah satunya juga adalah sukses secara finansial maupun profesionalitas image yang sudah melekat. Memang pada akhirnya selera sebuah karya setiap pembaca bebas memilih dan mana yang menurutnya menjadi penulis paling baik. Tidak bisa dipaksakan dong.

Penulis pemula? mau milih yang mana?

Popularitas dari karya tulis

Tujuan kamu ketika memilih menjadi seorang penulis, baiknya sebagai pemula kamu harus menentukan dulu setiap karya yang akan kamu buat mau kamu tujukan untuk apa.

Jika memang fokus pada popularitas ya tentu kamu membuat sebuah karya dengan pasar yang tren saat ini dan kamu masuk untuk menjawab kebutuhan para pembaca disana.

Di Indonesia sendiri mungkin, penulis yang terbilang populer adalah mereka yang menulis dengan genre novel atau komedi. Proyeksi akhirnya karya tulis mereka di filmkan atau dijadikan sebuah serial film di televisi.

Ilmu yang kaya namun tak tenar

Ada satu hal yang gue kira, genre paling gak populer di media tapi banyak dikoleks karya/buku nya hanpir oleh setiap orang. Ya itu penulis yang fokus pada genre pengembangan diri atau pendidikan, secara popularitas mungkin mereka tidak se tenar penulis datas.

Perlu gak sih ketenaran? sebenernya secara tidak langsung popularitas tadi diselipi tujuan untuk menjadi cukup secara finansial walaupun secara tidak sadar.

Tapi bukan berarti para penulis yang fokus pada genre pengembangan sebuah ilmu dan atau pembelajaran mereka juga bisa berhasil dalam dunia pendidikan. 

Urusan finansialkan sebetulnya mengikuti saja dari apa yang sudah kita kerjakan
Ya pada akhirnya, penulis pemula harus memilih untuk bisa memberikan karyanya kepada pembaca, dan tentu semua harus sesuai dengan passion kamu.
Reactions

Posting Komentar

2 Komentar

Silahkan berkomentar dengan relevan :) Blogwalking with sharing...

Emoji
(y)
:)
:(
hihi
:-)
:D
=D
:-d
;(
;-(
@-)
:P
:o
:>)
(o)
:p
(p)
:-s
(m)
8-)
:-t
:-b
b-(
:-#
=p~
x-)
(k)