Bagaimana Cara Mengulas Produk untuk Branding

Oke kali ini saya akan menuliskan bagaimana cara mengulas produk untuk keperluan branding maupun sebuah iklan. Dalam ulasan tersebut kita akan menggunakan media tulisan sebagai narasi mengenal atau mengulas produk.

Namun sebelum kita lebih rinci menguraikan bagaimana cara mengulas produk, ada beberapa hal yang perlu diketahui.
  1. Tentukan tujuan mengulas produk
  2. Mengenal Produk dengan baik - Produk Knowledge
  3. Framing Focus - Kelebihan dan Kelemahan Produk
Dari 3 hal diatas merupakan hal-hal yang perlu kita pastikan, tentu itu hanyalah sebagian hal dari banyak cara yang perlu kita ketahui.

Baik, kita lanjutkan memulai dan mengetahui bagaimana cara mengulas produk


Berikan Alasan Mengapa Produk itu Penting

Banyak orang perlu alasan mengapa mereka harus mengenal suatu produk. Nah sebelum kamu berniat mengulas produk, ada baiknya kamu harus berikan alasan kenapa produk itu penting untuk dimiliki atau digunakan.

Berikan beberapa alasan tersebut dalam bentuk deskriptif di awal paragraf tulisan kamu, ya sekita 1 sampai 2 paragraf.

Contoh: Mengulas Produk Smarphone

"Kemajuan zaman mengubah banyak hal dan membawa kehidupan menjadi serba cepat dan dituntut untuk bisa beradaptasi dengan banyak hal. Tidak terkecuali dalam kehidupan sehari-hari, misal saja kebutuhan makan, shoping, ataupun sekedar menikmati hiburan dengan akselerasi fasilitas yang mendukung.

Gadget atau smartphone menjadi salah satu kebutuhan pokok yang sulit dihindarkan. Bagi beberapa orang Smartphone menjadi penunjang dalam melakukan aktivitas pekerjaan, rutinitas di rumah, maupun hiburan. Sudah tentu spesifikasi smartphone yang sesuai dengan kegiatan sehari-hari dapat mengoptimalkan aktivitas kita."

Menjelaskan - Identifikasi Produk

Setelah menuliskan tentang alasan mengapa produk tersebut penting. Kita bisa mulai mengenalkan produk tersebut dari mulai tanggal rilis hingga spesifikasi atau fitur yang terdapat pada produk tersebut.

Jika produk tersebut merupakan benda yang berkaitan bukan dengan teknologi, maka kamu cukup menuliskan nama produk, brand, dan rincian lainnya seperti yang terdapat dalam kemasan produk.

Menjelaskan Korelasi Produk dengan Kebutuhan Sehari-hari

Seperti halnya menuliskan alasan mengapa produk tersebut penting, akan lebih baik jika secara detail kamu juga menghubungkan bagaimana produk tersebut bisa berperan dalam kehidupan sehari-hari.

Ketika apapun tentang produk tersebut sudah relate dengan kehidupan banyak orang, sudah tentu ketertarikan pembaca untuk mengenal lebih dalam perihal produk tersebut akan bisa lebih memungkinkan.

Ajakan untuk menggunakan Produk tersebut (Opsional)

Biasanya orang yang mengulas produk melalui media apapun, dimaksudkan atas kerjasama dengan kliennya, baik individu kelompok ataupun perusahaan.

Nah jika dalam persetujuan diharuskan untuk memberikan kalimat persuasif kepada pembaca, maka kamu wajib memberikan ajakan kepada pembaca untuk menggunakan produk tersebut.

Reactions

Posting Komentar

0 Komentar